Q : Saat gigi berlubang, setiap minum air gigi selalu terasa sakit. Mengapa kondisi tersebut dapat terjadi? Bentuk pertolongan pertama apa yang bisa dilakukan sebelum pergi ke dokter gigi?
A : Gigi berlubang terasa sakit saat minum air, disebabkan karena rangsangan pada persarafan yang terdapat di ruang pulpa gigi. Pertolongan pertama sebelum ke dokter gigi pada kondisi tersebut adalah dengan tidak minum air yang terlalu dingin atau panas dan dapat berkumur dengan obat kumur yang mengandung antiseptik
Q : Apabila muncul rasa ingin muntah saat sikat gigi, apa solusinya?
A : Rasa ingin muntah saat sikat gigi, biasanya disebabkan karena menggunakan sikat gigi dengan ukuran besar dan panjang serta bulu sikat yang terlalu keras dan ukuran besar. Di samping itu juga menggunakan pasta gigi yang berlebihan juga dapat menyebabkan rasa ingin muntah tersebut.
Q : Kenapa ya setelah sikat gigi suka berdarah?
A : Setelah menyikat gigi suka berdarah. Hal ini umumnya disebabkan karena gusi yang tidak sehat, sehingga bila terkena bulu sikat gigi atau tekanan dari menyikat gigi akan menyebabkan pecahnya pembuluh darah yang tidak sehat pada gusi. Oleh karena itu menjaga kesehatan rongga mulut tidak hanya menjaga kebersihan permukaan gigi saja tetapi juga menjaga kesehatan gusi tempat melekatnya gigi.
Q : Apakah pencabutan gigi berdampak ke mata?
A : Pencabutan gigi tidak berdampak ke mata, karena persarafannya berbeda. Namun saya tidak menganjurkan pencabutan gigi bila tidak pada indikasi pencabutan. Mempertahankan gigi selama mungkin di dalam rongga mulut adalah tindakan yang bijaksana.
«« Prev12» Next»

Email:

Password :

Retype Password :

Email:

Password :